Aplikasi Dapodik 2022 Versi Terbaru

Aplikasi Dapodik 2022 Versi Terbaru

Mediatranss.com – Hallo sobat Media, kali ini kami akan membahas mengenai Aplikasi Dapodik 2022 Versi Terbaru. Ikuti terus pembahasan di bawah ini.

Di kesempatan kali ini kami Mediatranss.com akan membagikan aplikasi dapodik paud versi 2022, dapodik SD versi 2022, dapodik SMP versi 2022, dapodik SMA versi 2022.

Adapun  versi dapodik yang paling terbaru yang baru saja dirilis yaitu aplikasi dapodik versi 2022 dan bagi anda yang belum memiliki filenya, maka melalui postingan ini anda bisa memilikinya dengan mudah.

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa pada aplikasi dapodik versi 2022 kini semua jenjang dapat di gunakan dalam satu aplikasi dapodik yang sama yaitu mulai dari jengjang PAUD, jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA/SMK.

Adapun nama dari aplikasi dapodik yang saat ini akan digunakan yaitu aplikasi dapodik paud dikdasmen.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Hp Terbaru 2021 Harga Dan Spesifikasi

Aplikasi Dapodik 2022 Versi Terbaru

Saat ini admin dapodik paud dikdasmen telah kembali merilis aplikasi dapodik versi terbaru yang akan di gunakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. adapun aplikasi dapodik versi terbaru yang telah di rilis yaitu aplikasi dapodik versi 2022.

Bagi sobat Media yang belum memiliki file aplikasi dapodik versi 2022 dan mungkin kesulitan dalam mengambil aplikasi dapodik versi 2022 maka melalui postingan ini kami akan membagikan filenya yang sekiranya bisa membantu untuk memudahkan anda dalam mengunduh aplikasi dapodik versi terbaru yang akan di gunakan saat ini.

Salah satu tugas yang terpenting dalam suatu sekolah adalah menjadi seorang operator sekolah, dan salah satu tugas operator adalah mengimput data menggunakan aplikasi dapodik.

Seperti yang kita ketahui bahwa tugas sebagai seorang operator sekolah khususnya operator dapodik memang tidak mudah sebab mau tidak mau menjadi operator sekolah tentunya harus selalu siap dalam mengimput data-data penting untuk kebutuhan sekolah.

READ  Viral Seleb TikTok Juy Putri Gelar Pesta Di Saat PPKM

Ketika memasuki tahun pelajaran baru maka tugas sebagai seorang operator sekolah juga akan memulai tugas yang baru, yaitu harus siap untuk menginput data – data peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik.

Seperti yang kita ketahui juga bahwa di setiap memasuki tahun pelajaran baru maka selalu akan ada pembaharuan atau update aplikasi dapodik untuk versi terbaru.

Baca Juga: 7 Fakta Suzuki Hayabusa Motor Legendaris Tercepat Di Dunia

Bagi anda yang saat ini berprofesi sebagai operator dapodik maka info terbaru,  bahwa saat ini telah di rilis aplikasi dapodik versi terbaru untuk tahun pelajaran 2021/2022 yang mana aplikasi dapodik yang telah di rilis dan akan di gunakan saat ini yaitu aplikasi dapodik versi 2022.

Cara Download Aplikasi Dapodik Versi 2022

Bagi anda yang akan melakukan download aplikasi dapodik pauddasmen versi 2022 maka anda dapat mendownloadnya melalui link yang akan di siapkan pada laman resmi dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id atau dapat juga langsung mendownloadnya melalui link download yang akan kami bagikan di bawah postingan ini.

Aplikasi dapodikdaksemen versi 2022 merupakan aplikasi dapodik versi terbaru yang saat ini telah rilis dan dapat di gunakan untuk melakukan pengimputan data peserta didik semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.

Bagi anda operator sekolah dengan adanya aplikasi dapodik versi 2022 ini maka anda harus siap untuk melakukan pengimputan data sekolah serta memperbaharui data-data lama sehingga dapat di update dan di perbaharui dengan aplikasi dapodik versi terbaru yaitu dengan menggunakan aplikasi dapodik versi 2022.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum menggunakan aplikasi  dapodikdasmen versi 2022 dan informasi ini telah di rilis secara resmi melalui web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id yang bunyinya seperti berikut ini :

READ  Kumpulan Xxnamexx Mean Full Jpg Video Bokeh Museum Trendsmap 2018 Asli Barat

Pemutakhiran data semester 1 tahun ajaran 2021/2022 dilaksanakan menggunakan aplikasi terbaru yang saat ini dirilis yaitu Aplikasi Dapodik versi 2022. Integrasi data dan pembaruan aplikasi telah dilaksanakan agar Aplikasi Dapodik versi 2022 dapat digunakan sebagai alat untuk pengumpulan data dari satuan pendidikan pada jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, PKBM, SKB, dan SLB.

Baca Juga: Twibbon Dino Kuning Dan Hijau Trend Di Tiktok

Yang perlu di perhatikan dalam pemutahkiran data adalah

  • Cut off untuk program BOS Reguler pada jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2021, dan
  • Cut off untuk program BOP tahap 2 pada jenjang PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dan kesetaraan (SKB/PKBM) dilakukan pada tanggal 30 September 2021.

Secara teknis diharuskan melakukan uninstall aplikasi dapodik versi sebelumnya terlebih dahulu.  Proses Install Aplikasi Dapodik versi 2022 dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh file installer dan panduan Aplikasi Dapodik 2022 pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/unduhan,
  2. Lakukan instalasi Aplikasi Dapodik yang sudah diunduh.
  3. Lakukan refresh (Ctrl + F5).
  4. Lakukan registrasi Aplikasi Dapodik 2022.

Setelah aplikasi terpasang, ubah password lama dengan password yang baru dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Memiliki minimal 8 karakter,
  2. Mengandung huruf besar A-Z,
  3. Mengandung huruf kecil a-z,
  4. Mengandung angka 0-9, dan
  5. Mengandung tanda baca yang sesuai ketentuan.

Berikut ini adalah perubahan pada aplikasi Dapodik versi 2022

  1. [Pembaruan] Penambahan atribut jumlah laik di data alat periodik.
  2. [Pembaruan] Penambahan atribut alamat jalan, RT, RW, nama dusun, desa/kelurahan, kode pos, lintang, bujur, dan wilayah di formulir tanah.
  3. [Pembaruan] Penambahan atribut sub-ruang di formulir ruang khusus jenjang SMK.
  4. [Pembaruan] Penambahan panjang karakter atribut No. SKHUN dan No. Peserta Ujian di formulir registrasi peserta didik.
  5. [Pembaruan] Penambahan beberapa atribut guna keperluan pemangku kepentingan di riwayat sertifikasi GTK.
  6. [Pembaruan] Penambahan atribut jenis bidang usaha di formulir bidang usaha khusus jenjang SMK.
  7. [Pembaruan] Penambahan atribut pekerjaan di formulir peserta didik khusus jenjang PKBM dan SKB (guna mengakomodir warga belajar).
  8. [Pembaruan] Penambahan tabel dinamis guna kepentingan yang bersifat sementara.
  9. [Pembaruan] Penambahan validasi pengisian tugas tambahan kepala sekolah/lembaga atau PLT kepala sekolah/lembaga
  10. [Pembaruan] Penambahan validasi sanitasi.
  11. [Pembaruan] Penambahan validasi pengisian KIP/PIP.
  12. [Pembaruan] Penambahan info terkait pengisian survei PTM.
  13. [Pembaruan] Penambahan validasi batas minimal usia Peserta Didik jenjang TK adalah 4 Tahun.
  14. [Pembaruan] Penambahan validasi batas maksimal usia Peserta Didik jenjang PAUD adalah 7 Tahun.
  15. [Pembaruan] Penambahan validasi batas minimal Warga Belajar jenjang Kesetaraan adalah 72 Tahun.
  16. [Pembaruan] Proses kelulusan bersama tingkat akhir.
  17. [Perbaikan] Perubahan proses bisnis penginputan ruang dan sub-ruang khusus jenjang SMK.
  18. [Perbaikan] Perubahan paksa untuk mengubah password saat pertama kali login.

Dengan diadakanya informasi tersebut maka di harapkan kepada dapodik sekolah untuk bisa memahami hal-hal yang telah di sampaikan tersebut sehingga pada saat menggunakan aplikasi dapodik versi 2022 saat ini telah di rilis maka tidak lagi menyalahi aturan yang telah di terapkan.

READ  Update World War ploygon WW2 Shooter Terbaru 2021

Tak usah berlama-lama lagi di bawah ini adalah link Download Aplikasi Dapodik Versi 2022 yang merupakan versi terbaru yang saat digunakan ditahun pelajaran 2021/2022.

  • Aplikasi dapoik versi 2022 (Disini)
  • Buku panduan mengerjakan Aplikasi Dapodik Versi 2022 (Disini)

Akhir Kata

Semoga informasi ini dapat membantu anda yang sedang mencari bagaimana mendownload aplikasi Dapodik Versi 2022 dengan cukup mudah.

Jangan lupa selalu kunjungi Web kami di, Mediatranss.com – karena selalu banyak info-info menarik yang akan kami sampaikan.

You May Also Like

About the Author: Enden

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.