Juragan Hp Batam Terciduk Soal Barang Ilegal

Juragan Hp Batam Terciduk Soal Barang Ilegal

Mediatranss.com– Tertangkapnya pengusaha pedagang hanpdhone (HP) PS menjadi indikasi nyata penyelundupan Hp ilegal masih terjadi di indonesia.

Siapa sih yang gak kenal dengan PS, dia adalah pedagang tersohor di Batam dan Jakarta.

Ketua umum gabungan pengusaha Elektronik, Ali Soebroto Oentaryo dia buka suara soal kasus HP ilegal ini.

Ia mengatakan petugas pada Direktorat Jendral Bea Cukai harus mengambil peran dalam pencegahan penyelundupan.

Bea Cukai pun sebagai pihak yang memiliki tanggung jawab sebagai filter masuknya barang ilegal di plabuhan laut maupun dari transportasi udara.

Juragan Hp Batam Terciduk Soal Barang Ilegal

Kerugian negara pun sangat besar dari penyelundupan HP ilegal, di taksir lebih dari Rp 2,3 triliun pertahun dari lolosnya 10 juta unit HP ilegal.

Berbagai cara pun di lakukan oleh para oknum untuk meloloskan barang ilegal, pada masa lalu proses pemasukan barang ilegal diduga bisa dengan mudah di lakukan di pintu-pintu pelabuhan.

Dengan melakukan pengetatan penjagaan maka sulit di lakukannya secara terbuka.

“Dulu masih bisa dengan terjadinya melalui manipulasi dokumen dan lain-lain.

tetapi sekarang dengan kemajuan teknologi kontainer sekarang ada X-Ray jadi semua yang gak bisa di lihat barangnya bisa dilihat.

Walaupun melakukan penjagaan dengan ketat dan teknologi yang canggih, melakukan penyelundupan masih di lakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan mengambil jalur lain.

Misalnya dengan penyelundupan lewat jalur pantai, itu kriminal betul, dengan kasus patroli Bea Cukai, ternyata kapal Bea Cukai kalah cepat.

Ini yang menjadi permasalahan sekarang kapal petugas kalah cepat sama kapal penyelundup.

Baca Juga :

READ  Spesifikasi Dan Harga HP Realme 8 5G Terbaru

Seharusnya kelemahan itulah yang harus bisa di atasi oleh petugas, karena penyelundupan barang umumya Handphone di wilayah perbatasan, seperti batam kerap terjadi.

Bila tidak di atasi maka kerugian negara akan semakin meningkat, negara pun akan kehilangan pajak dan konsumen.

Pengusaha batampun mengakui soal wilayahnya yang masih rentan penyelundupan.

Rafki pun mengatakan kenapa RS bisa lebih sukses dalam berbisnis handphone, bahkan sampai menarik perhatian masyarakat Batam.

Kenapa HP bisa murah, ya karna itu udah rahasia umum yang di jual kanibal.

Beli karungan di negara tetangga kemudian di kerjakan sendiri, karna banyak juga teknisnya. Ketika di jual akan lebih murah.

Sebelumnya Direktorat jendral Bea Cukai, telah menangkap pengusaha dengan isial RS yang terkait kepemilikan dan peredaran barang- barang iluegal.

Kantor Bea Cukai Jakarta melakukan tahap II dengan penyerahan barang bukti dan tersangka ke kejaksaan Negri jakarta timur atas hasil penyidikan tindak pidana kepabeanan.

Penyerahan barang bukti dan tersangka tersebut di laksanakan atas pelanggaran pasal 103 hurup d Undang-undang No. 17 tahun 2006 tentang kepabeanan.

Dalam keterangannya Bea Cukai Kanwi Jakarta tersangka dengan berinisial PS telah di serahkan beserta barang bukti yaitu 190 handphone bekas berbagai merek dan uang tunai hasil penjualan sejumlah Rp 61.300.000.

Ricky Mohamad Hanafi membenarkan bahwa PS tersebut adalah seorang putra siregar yang merupakan owner dari PS store.

Proses di Bea Cukai sudah selesai di tangkap dan di serahkan ke kejaksaan untuk menjalani proses pengadilan dan persidangan.

Akhir Kata

Jangan tergiur dengan barang murah, pastikan dulu barang itu aman atau tidak. Jangan sampai barang yang kita pakai ternyata melanggar hukum.

READ  Cara Download Aplikasi Young Live APK Mod Terbaru

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.