Tambang Emas Ilegal Di Lebak Banten

Tambang Emas Ilegal Di Lebak Banten

Mediatranss.com– Sangat disayangkan dengan masyarakat Lebak Banten, dengan menghasilkan perekonomian dari barang ilegal.

Mayoritas masyarakata Lebak Banten khusnya masyarakat di lingkungan Adat, perekonomian mereka hampir 70% menjadi penambang emas ilegal.

Komoditas penambang emas memang bisa di katakan paling menggiurkan, dan sangat menjanjikan, dengan hasil yang cukup besar.

Karena hasil olahannya bisa beraneka, mulai dari perhiasan hingga bisa di jadikan sebagai investasi.

Baca Juga :Cek Penerima BLT UMKM Di Http Eform Bri.Co.Id Bpum

Penambang di Lebak Banten terus meningkat, terlebih, tren harganya yang terus merangkak naik, membat komoditas ini tak pernah terkikis oleh jaman.

Tambang Emas Ilegal Di Lebak Banten

Indonesia pun memiliki sumber daya emas yang primer yang mencapai 15,05 miliar ton dan cadangan bisa mencapai 3,56 miliar ton.

Hal tersebut berdasarkan data Badan Geologi kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) per Juli 2020.

Tambang emas di Indonesia cukup tinggi di bandingkan dengan tambang-tambang lainnya seperti tembaga, nikel, maupun timah.

Baca Juga :Pasien covid-19 di Pukuli Oleh Warga Gara-Gara Isoman Di Rumah

Meskipun Indonesia kaya dengan emas, namun sangat di sayangkan dengan pengolahannya masih belum optimal, di tambah lagih dengan banyaknya penambang ilegal di Indonesia.

Berdasarkan data Direktorat jenderal mineral dan Batu Bara (Ditjen Minerba) kementrian ESDM, di Banten saja terdapat 49 penambang emas ilegal tanpa izin (PETI).

Pertambangan ems ilegal di banten terdapat di daerah Lebak Banten.

Selain dengan komoditas emas, beberapa pertambangan di lebak tercatat setidaknya ada 120 tambang ilegal di Propinsi Banten.

Selain 49 tambang ilegal, ada 22 tambang batu bara ilegal yang masih berada di Lebak Banten.

READ  Cara Download Wallpaper Telinga Yang Viral Di Tiktok

Baca Juga :Juragan Hp Batam Terciduk Soal Barang Ilegal

Dan tambang non logam dan batuan tersebar di Lebak, Pandeglang, Serang, dan Cilegon.

Lana satria, direktorat teknik dan lingkungan, Direktorat Jendral Minerba Kementrian ESDM, mengatakan pemerintahpun tak tinggal diam dalam menangani tambang ilegal ini.

Pertama, menurutnya, adanya investasi pemerintah melalui pemberlakuan syarat dokumen penjualan komoditas tambang.

“Kami juga melakukan pemututsan rantai pasok bahan baku dan mata rantai penjualan hasil dari pertambangan ilegal melalui kordinasi bersama Polri dan pemerintah daerah,”tuturnya kepda CNBC Indonesia.

Baca Juga :level Ppkm Yang Di Manfaatkan Oknum Untuk Pungli

Selain itu, imbunhnya, adanya penguatan pengawasan oleh penyidik Pegawai negri sipil, yang berkordinasi denagn polri maupun dengan kementrian lingkungan hidup dan kehutanan.

Belum lama ini beredar kabar di salah satu tambang ilegal di Lebak Banten, hal ini terkuak dan beredar bahwa terdapat aktivitas tambang di gunung liman Lebak Banten.

Ternyata kabar yang beredar itupun adalah pertambangan ilegal, namun sangat di sayangkan karna tambang itu ilegal tak berizin.

Baca Juga :Viral Tiktok 2021 Bangladesh Yang Di Jadikan Bahan Perdagangan Wanita

Setelah beredarnya kabar tambang ilegal itu, mentri ESDM Arifin Tasrif mengatakan akan mengutus tim untuk mengecek langsung ke lokasi tambang emas ilegal di gunung Liman, kabupaten lebak Banten.

“Para tim aparat pemerintah tidak bisa langsung menindak aksi penambang ilegal itu, karena ini masuk ranah tanah adat.

Kasus ini harus di tindak lanjuti dengan aturan-aturan yang ada karena kami tidak bisa memberikan akses begitu saja untuk tanah adat untuk di kelola secara tidak resmi.

Akhir Kata

Sekian informasi yang dapat admin sampaikan, nantikan terus informasi-infimasi terbaru dan terupdate yang akan di ulas di pembahasan selanjutnya.

READ  Kata Kunci Bentuk Tubuh Ikan Yang Memudahkannya Bergerak Adalah

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.